Selasa, 16 September 2008

Peranan Protein bagi Ikan

Protein

Protein merupakan unsur yang paling penting dalam penyu­sunan formulasi pakan karena usaha budidaya mengharapkan pertumbuhan ikan yang cepat.

Dalam hal ini, protein mempunyai tiga fungsi bagi tubuh yaitu
a) sebagai zat pembangun yang mem­bentuk berbagai jaringan baru untuk pertumbuhan, mengganti ja­ringan yang rusak, maupun bereproduksi,
b) sebagai zat pengatur yang berperan dalam pembentukan enzim dan hormon penjaga dan pengatur berbagai proses metabolisme di dalam tubuh ikan,
c) sebagai zat pembakar karena unsur karbon yang terkandung di dalamnya dapat difungsikan sebagai sumber energi pada saat kebutuhan energi tidak terpenuhi oleh karbohidrat dan lemak.


Molekul protein tersusun dari sejumlah asam amino sebagai bahan dasar. Mutu protein sangat ditentukan oleh komposisi asam amino penyusunnya. Komposisi ini akan berbeda antara satu bahan dengan bahan lainnya.



Dari sekitar duapuluh jenis asam amino yang ada di alam, sepuluh di antaranya merupakan asam amino yang esensial yang tidak dapat disintesis di dalam tubuh ikan atau tidak dapat dibuat dalam jumlah yang memadai dari yang diperlukan. Asam amino esensial tersebut adalah arginin (arg), histidin (his), isoleusin (ile), leusin (leu), lisin (lys), metionin (met), fenilalanin (phe), treonin (thr), triptofan (trp), dan valin (val).



Sumber : Ir. M. Firdaus Sahwan M.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar