Jumat, 16 Maret 2012

Kenapa ingus bisa berwarna hijau?



Jika kita sedang kedinginan, pasti hidung kita berlendir, dan ketika kita membuang lendir itu ke kertas tisu pasti akan terlihat cairan ingus yang berwarna hijau.


Biasanya, lendir ingus itu berwarna bening dan sedikit, namun kenapa bisa menjadi banyak dan berwarna hijau?


Ingus pada hidung bertujuan untuk menyaring udara layaknya bulu hidung kita, namun ketika anda sakit atau infeksi , ingus tersebut berubah menjadi berwarna kuning atau hijau sebagai akibat dari peran tubuh kita dalam mencoba melawan bakteri dan virus pada tubuh kita.


Warna hijau berasal dari zat kimia yang berada dalam tubuh kita yang disekresikan oleh sel darah putih khususnya enzim myeloperoxidase yang memiliki zat besi untuk membunuh patogen ( Bakteri atau virus ).


Dalam kasus infeksi bakteri, bakteri awalnya terjebak dan berkembang biak di ingus kita yang masih berwarna bening, lalu karena itulah ingus tersebut berubah menjadi warna kuning atau hijau karena adanya sel darah putih yang sedang bekerja membunuh mereka.


Dalam kasus infeksi virus, seperti flu , pada awalnya datang bersama bakteri ( Dikarenakan virus hanya berkembang di jaringan hidup ) , lalu sistem kekebalan tubuh melawan mereka yang menyebabkan juga ingus kita menjadi kental dan berubah menjadi warna kuning atau hijau.


Bakteri bisa dilawan dengan antibiotik, namun virus tidak. Tetapi karena virus tersebut hidup di bakteri yang terkena antibiotik itu, maka otomatis ia tidak ada tempat hidup lagi .


Sumber : Lifelittlemysteries

Tidak ada komentar:

Posting Komentar